Pengertian dan Jenis Jenis Printer

Artikel kali ini saya akan mengulas dan menjelaskan sedikit pengertian apa itu printer dan jenis - jenis printer itu sendiri, dalam artikel ini saya juga akan menjelaskan media cetak dan pencetak, teknik mencetak, dan teknik mencetaknya. Oke, langsung saja mari kita simak artikelnya.


Pengertian Printer

Printer merupakan perangkat keras (hardware) yang dihubungkan ke komputer berfungsi sebagai alat untuk mencetak atau menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa gambar atau tulisan dari komputer, media cetak yang digunakan dapat berupa kertas, kain, photo paper atau media ruang luar. Printer itu sendiri mempunyai beberapa jenis berdasarkan cetakannya ada berupa toner, tinta dan sebagainya.

Jenis - Jenis Printer (media pencetak)

1. Printer Dot Metrik (Pita)


Printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.

2. Printer Ink Jet (Tinta)


Printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil.

Teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

3. Printer Laset Jet (Toner)


Printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.

Perbedaan Printer Toner dengan Printer Tinta

  • Toner atau Laser alat pencetak yang butuh pemanasan - 
  • Tinta atau Inkjet alat pencetak yang gak butuh pemanasan, hanya pembersihan pada print-head printer tersebut yang membutuhkan pemanasan.

Teknik Mencetak Printer

  • Impact adalah printer yang melakukan teknik cetak dengan cara menekan (memukul) jarum head ke pita, contohnya jenis Printer Dot Matrik.
  • Non Impact adalah printer yang melakukan teknik cetak dengan cara menyemprot, termasuk jenis ini adalah printer inkjet dan toner (Printer Lajerjet). 

Media Cetak

1. Kertas 
Kertas adalah media cetak yang paling umum digunakan. Kertas dipergunakan hampir untuk semua kebutuhan pencetakan skripsi, karya tulis, pekerjaan kantor, dan lainnya. Karna Hampir semua jenis printer mengkondisikan kertas sebagai media cetaknya.

2. Photo Paper
Berkembangnya teknologi, menuntut perkembangan dalam teknologi printing untuk pemakaian perumahan. Dengan teknologi photo printing, kita gak perlu bersusah payah untuk melakukan cetak dari sebuah handphone atau photo digital.

Beberapa jenis printer keluaran terbaru hampir semua menyertakan fitur photo printing. Kita tinggal membeli photo paper, maka kita bisa melakukan cetak photo dirumah. Untuk hasil yang lebih baik, sebuah photo printing, biasanya menggunakan 5 buah tinta, yaitu, Black, Cyan, Magenta, Light Cyan, dan light Magenta.

3. Kain & Media Ruang Luar
Teknologi ini dikenal dengan digital printing. Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan periklanan atau advertising sebagai media ruang luar, termasuk di dalamnya penggunaan untuk spanduk, reklame, banner, dll.

Koneksitas

1.Parallel Port
Parallel Port adalah jenis koneksitas awal yang disediakan oleh komputer untuk melakukan koneksi dengan printer.Parallel Port terdiri dari port yang memiliki 25 pin (DB25).Masing-masing pin memiliki fungsi yang berbeda.Fungsi tersebut diantaranya ada yang memiliki voltase, ground, output data dan input data.

2.USB Port
Universal Serial Bus atau yang lebih dikenal dengan USB adalah jenis-jenis port yang digunakan untuk berbagai keperluan, sesuai dengan namanya.Dengan USB, koneksi printer bisa dilakukan dengan kecepatan yang lebih baik. Kelemahannya, dengan koneksi ini, koneksitas hanya bisa dilakukan saat Operating System (OS) telah berjalan, tidak bisa dilakukan di MS-DOS, karena USB port baru bisa di deteksi di operating system seperti windows.



Sekian artikel Pengertian dan Jenis Jenis Printer  yang dapat saya share,semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan  tentang printer.